Sistem Manajemen Produksi TQM

Kamis, 08 Januari 2015

Pada dasarnya Manajemen Kualitas (Quality Management) atau Manajemen Kualitas Terpadu (Total Quality Management = TQM) didefinisikan sebagai suatu cara meningkatkan performansi secara terus-menerus (continuous performance improvement) pada setiap level operasi atau proses, dalam setiap era fungsional dari suatu organisasi, dengan menggunakan semua sumber daya manusia dan modal yang tersedia.
Seperti halnya kualitas, Total Quality Management dapat diartikan sebagai berikut;
A.      Perpaduan semua fungsi dari perusahaan ke dalam falsafah holistik yang dibangun berdasarkan konsep kualitas, teamwork, produktivitas, dan pengertian serta kepuasan pelanggan (Ishikawa, 1993, p.135).
B.        manajemen yang mengangkat kualitas sebagai strategi usaha dan berorientasi pada kepuasan pelanggan dengan melibatkan seluruh anggota organisasi (Santosa, 1992, p.33).
C.        Suatu pendekatan dalam menjalankan usaha yang mencoba untuk memaksimumkan daya saing organisasi melalui perbaikan terus menerus atas produk, jasa, manusia, proses, dan lingkungannya.

UNSUR-UNSUR UTAMA TQM
a.         Fokus pada pelanggan.
b.        Obsesi terhadap kualitas.
c.         Pendekatan ilmiah.
d.        Komitmen jangka panjang.
e.         Kerja sama tim.
f.         Perbaikan sistem secara berkesinambungan.
g.        Pendidikan dan pelatihan.
h.        Kebebasan yang terkendali.
i.          Kesatuan tujuan.

j.          Adanya keterlibatan dan pemberdayaan karyawan.

Sumber : http://markuskren.blogspot.com/2014/11/sistem-manajemen-produksi-tqm.html

0 komentar:

Posting Komentar