NEGARA DAN WARGA NEGARA

Senin, 09 Januari 2012

          Unsur penting suatu negara yang lain adalah rakyat .Tanpa rakyat maka negara itu hanya ada dalam angan-angan.Termasuk rakyat suatu negara adalah meliputi semua orang yan bertempat inggal di dalam wilayah kekuasaan negara tersebut da tunduk pada kekuasaan negara tersebut.Dalam hubungan ini rayat diartikan sebagai kumplan manusia yang dipersatukan oleh suatu rasa persatuan dan yang bersama-sama mendiami suatu wilayah tertentu.
          Menurut kansil ,orang-orang yang berada dalam wilayah suatu negaran itu dapat dibedakan menjadi 2:
a.    Penduduk adalah mereka yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu yang ditetapkan oleh peraturan negara yang bersangkutan, diperkenankan mempunyai tempat tinggal pokok (domisili) dalam wilayah negara itu.
Penduduk ini dapat dibedakan mejadi 2 lagi ,yaitu:
1)    Penduduk Warga Negara atau Warga Negara adalah penduduk yang sepenuhnya dapat diatur oleh pemerintah negara tersebut dan mengakui pemerintahanya sendiri;
2)   Penduduk bukan warga negara atau orang asing adalah penduduk yang bukan warga negara.
b.    Bukan pendduk ialah mereka yang berada dalam wilayah suatu negara untuk sementara waktu dan tidak beraksud bertempat tinggal di wilayah negara tersebut.
1)    Asas Kewarganegaraan
Adapun untuk memnentukan siapa-siapa Yang menjadi warganegara di gunakan 2 kriteria yaitu:
(a)          Kriyerium kelahiran menurut asas keibubapaan atau disebut pula “lus Sanguinis” Didalam asas ini seorang memperoleh kewarga negaraan suatu negara berdasarkan asas kewarganwgaraan orang tuanya, dimanapun ia dilahirkan.
(b)         Kriterium kelahiran menurut asas tempat kelahiran atau “lus Soli”. Didalam asas ini , seseorang memperoleh kwarganegaraanya berdasarkan negara tempat dimana dia dilahirkan meskipun orang tuanya bukan warga negara dari negara tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar